Bicaralah, Jangan takut salah

Posted by Mustopa Almurtaqi Makarima 0 komentar
Bismilahirrohmanirrohimi

Berbicara dihadapan umum itu kenapa suka malu..? padahal tidak ada bedanya dengan berbicara ketika ngobrol bareng bersama teman-teman sambil ngopi bareng, saling sapa, saling puji, ngomongin orang dan lai-lain. jika anda pernah berbicara dihadapan anak-anak kecil seperti anak sekolah dasar (SD) dan pada saat itu anda tidak merasa malu sedikitpun bahkan anda bisa memberikan sebuah motivasi yang mendorong mereka untuk giyat belajar dirumah maka saat itulah anda menjadi pembicara yang hebat.

namun saat anda berbicara dihadapan umun, dihadapan orang banyak yang berbeda umur, berbeda karakter, berbeda jenis kelamin, berbeda daerah, pasti akan berbeda dengan saat anda berbicara dihadapan anak SD tadi. saat anda berbicara didepan anak-anak anda tidak merasa malu tapi saat anda dihadapkan dengan orang-orang terhormat, berbicara di hadapan para guru Mungkin anda akan merasakan malu. kenapa demikian...?

kenapa melu itu terjadi..? jawabannya mungkin karena anda terlalu memperhatikan siapa yang ada dihadapan anda, siapa yang mendengarkan perkataan anda. saat anda berbicara dihadapan orang-orang terhormat, orang-orang berilmu mungkin anda akan merasa bahwa perkataan anda takut salah dan akhirnya anda malu oleh mereka karena kesalahan itu.

dari pemaparan diatas mungkin bisa ditemukan kuncinya, ya maksudnya kunci bagaimana supaya tidak malu berbicara dihadapan umum..? jawabannya sudah anda baca diatas yaitu. "anda jangan takut salah", sekali lagi "anda jangan takut salah". kalaupun anda salah, itu hal yang wajar, apalagi anda yang sedang belajar berbicara. dengan maunya anda berbicara dihadapan umum itu sudah luar biasa apalagi kalau pembicaraannya benar, itu sudah sangat luar biasa.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bicaralah, Jangan takut salah
Ditulis oleh Mustopa Almurtaqi Makarima
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://akumenuliskarenaalloh.blogspot.com/2013/04/bicaralah-jangan-takut-salah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of Aku Menulis Karena Alloh.