Istilah-istilah dalam penelitian ilmiah

Posted by Mustopa Almurtaqi Makarima 0 komentar
Bismilahirrohmanirrohim

Berikut ini adalah daftar istilah yang sering digunakan di dalam penelitian ilmiah. Istilah-istilah ini tak jarang terabaikan definisinya, bahkan oleh pelaku penelitian tingkat mahasiswa sekalipun. Padahal pemaknaan istilah-istilah tersebut sangatlah penting guna memperjelas arah dari hasil penelitian ilmiah yang kita susun secara tertulis. Semoga memberikan tambahan informasi.
Teori 
Informasi ilmiah yang abstrak sifatnya dan belum tentu dapat langsung digunakan dalam penelitian yang ingin dilakukan oleh seorang peneliti melalui deduksi logika teori yang abstrak tadi diterjemahkan menjadi hipotesa yakni informasi ilmiah yang lebih spesifik dan lebih sesuai dengan tujuan penelitian.
Konsep 
Istilah dan definisi yang digunakan untuk menggambarkan secara abstrak kejadian keadaan kelompok/individu yang menjadi pusat perhatian ilmu sosial.
Konstruk
Konsep dengan tingkat abstraksi yang lebih tinggi dari kejadian-kejadian obyek / individu tertentu.
Fenomena 
Hal-hal yang dapat disaksikan dengan panca indra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah.
Deduksi
Proses pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis dari data.
Induksi 
Pengambilan keputusan dengan menggunakan data tanpa menggunakan hipotesis.
Pendekatan kuantitatif 
Lebih menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metoda statistika.
Pendekatan kualitatif 
Prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari pihak yang mempunyai hubungan dengan masalah yang diramal.
Data kualitatif 
Data yang dinyatakan dalam bentuk kalimat/tulisan. Data yang pada umumnya sukar diukur/menunjukkan kualitas tertentu untuk kepentingan penyusunan instrumen penelitian biasanya data kualitatif disusun dalam skala tertentu.
Data kuantitatif 
Data yang bersifat angka. Data terukur, biasanya dapat dinyatakan dalam satuan tertentu penting buat pengelolaan statistik, penyusunan tabel, dsb, persyaratan yang harus dipenuhi agar data kuantitatif bernilai untuk pengelolaan dapat dipelajari dalam ilmu statistik.
Penelitian deskriptif 
Penelitian yang bertujuan untuk membuat deskriptif gambaran/lukisan ecara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Penelitian yang lebih mengarah pada pengungkapan suatu masalah/keadaan sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta-fakta yang ada, walaupun kadang-kadang diberikan interpretasi/analisis.
Sampel 
Bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki untuk populasi tersebut.
Responden
Dari kata asal ‘respon’ (penanggap) yaitu orang yang menanggapi. Dalam penelitian responden adalah orang yang dimintamemberikan keterangan tentang sesuatu fakta/pendapat. Keterangan tersebut dapat disampaikan dalam bentuk tulisan, yaitu ketika mengisi angket/lisan ketika menjawab wawancara.
Informan
Orang yang memberikan informasi dengan pengertian ini maka informan dapat dikatakan sama dengan responden apabila pemberian keterangannya karena dipancing oleh pihak peneliti. Istilah-istilah informan ini banyak digunakan dalam penelitian kualitatif.
Key person 
Orang-orang yang mempunyai inferensi dan audience yaitu orang-orang atau lembaga yang dapat menggunakan hasil-hasil penelitian.
Snowball sampling
Teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil kemudian membesar. Metode atau cara untuk mengambil sampel, yakni dengan bertanya kepada jumlah kecil orang/kelompok individu berdasarkan pertanyaan yang telah disiapkan. Kemudian individu/kelompok tersebut diminta untuk menunjuk individu/kelompok lain yang bisa ditanya dengan pertanyaan yang sama. Demikian seterusnya sampai diperoleh sampel yang makin lama makin besar.
Purposive sampling
Teknik sampling dengan pertimbangan tertentu.
Sumber data primer 
Data yang diperoleh langsung dari responden/obyek yang diteliti, ada hubungannya dengan yang diteliti.
Sumber data sekunder 
Data yang telah lebih dulu dikumpulkan dan dilaporkan oleh orang/instansi diluar dari peneliti sendiri walaupun yang dikumpulkan itu sesungguhnya adalah data yang asli. Data primer yang telah diolah lebih lanjut misalnya dalam bentuk tabel, grafik, diagram, gambar, dsb, sehingga lebih informatif untuk digunakan pihak lain.
Analisi data 
Menentukan arti yang sebenarnya dan signifikan dari data yang telah diorganisasikan dalam satu pola yang logis. Proses yang berisi usaha secara formal untuk menemukan tema-tema, merumuskan hipotesis kerja (ide) seperti yang disarankan oleh data dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan pada tema dan hipotesis kerja itu.
Distribusi frekuensi 
Merupakan rangkuman yang telah diolah atas data-data yang diperoleh saat penelitian ke laporan dengan kuesioner dan interview guide.
Mean 
Teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai rata-rata dari kelompok tersebut.
Median
Salah satu teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai tengah dari kelompok data yang telah disusun urutannya dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dari yang terbesar sampai yang terkecil.
Modus
Teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai yang sedang populer atau nilai yang sering muncul dalam kelompok tersebut untuk menghitung modus dasar yang telah disusun ke dalam disribusi frekuensi/data bergolongan.
Grafik
Selain dengan tabel, penyajian data yang cukup populer dan komunikatif adalah dengan grafik. Suatu grafik selalu menunjukkan hubungan antara jumlah dengan uraian lain misalnya waktu.
Tabel
Daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secarabersisrtem, urut ke bawah di lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak.
Diagram
Gambaran (buram, sketsa) untuk memperlihatkanatau menerangkan sesuatu.
Daftar pustaka 
Daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit,dsb yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku, dan disusun menurut abjad.
Endnote 
Informasi tambahan yang diletakkan di akhir dokumen.
Footnote
Informasi tambahan yang diletakkan di bawah satu halaman sama yag dibatasi dengan garis.
Pernah diterbitkan dalam http://setiyowidodo.blogspot.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Istilah-istilah dalam penelitian ilmiah
Ditulis oleh Mustopa Almurtaqi Makarima
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://akumenuliskarenaalloh.blogspot.com/2013/05/istilah-istilah-dalam-penelitian-ilmiah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of Aku Menulis Karena Alloh.